Sunday, January 5, 2014


Pajero Sport kadung dikenal sebagai sport utility vehicle  (SUV) kreasi Mitsubishi yang pernah berjaya di ajang paling bergengsi dan ganas sedunia, Reli Dakar. Maka, tidak heran jika keandalannya untuk melaju di berbagai jenis medan selalu diunggulkan. Juga untuk versi produksi massalnya.

Lihat saja dapur pacunya. Jawara Reli Dakar itu dipersenjatai dengan mesin diesel Commonrail Turbocharged plus Intercooled 4 Cylinder in-line.

Mesin diesel sendiri sudah terkenal dengan kemampuan menggelontorkan torsi lebih besar dibandingkan dengan mesin bensin berkapasitas sama. Tak heran, dengan kapasitas 2.500 cc, torsi maksimum yang digelontorkan Pajero Sport amat besar yakni 314 Nm, dan itu sudah bisa dirasakan di putaran mesin rendah, 2.000 rpm.

Adapun tenaga kudanya mencapai 136 PS di kitiran mesin 3.500 rpm. Untuk varian Dakar, daya dan torsinya bahkan lebih hebat lagi, 178 PS di 4.000 rpm serta torsi puncak 350 Nm di 3.500 rpm. Semua ini berkat teknologi Variable Geometry Turbo (VGT) yang gunanya menambah pasokan udara ke ruang bakar.

Pabrikan asal 'Negeri Sakura' Jepang tersebut lantas meluncurkan New Pajero Sport pada pekan kedua Oktober di Rancamaya, Bogor. Apa yang berubah dari generasi terbaru kendaraan ini di Indonesia?

Interior dan eksterior

Perubahan paling ketara pada pandangan pertama ialah desain gril depan yang kini menonjolkan ornamen (garnish) garis-garis tegas, alih-alih konsep 'sarang lebah' seperti pada versi terdahulu. Di samping itu, bentuk bemper depan, lampu kabut, dan motif velg juga berbeda.

Mesin menjadi bagian yang belum diutak-atik oleh Mitsubishi. Nampaknya, mereka masih percaya diri menjelajah segmen SUV kelas menengah di Tanah Air dengan performa saat ini. Modifikasi di New Pajero Sport, seperti diungkapkan Mitsubishi pada Selasa (8/10) lalu, terjadi pada tampilan luar dan kabin.

Lainnya ialah konfigurasi lampu belakang dan tambahan emblem 'VGT Hi-Power' bagi varian Dakkar untuk memamerkan diferensiasi tenaga serta torsi yang lebih mumpuni.

Di sisi interior, Mitsubishi mempermak bagian dashboard, terutama konsol tengah yang lebih menjualang berkat kehadiran fitur Multi Information Display (MID), sistem audio 2 DIN multimedia berfitur navigasi GPS dan rear view camera.

Fitur Power Window kini juga lebih sempurna dengan kemampuan auto up.

"Sejak diluncurkan Juni 2009, Pajero Sport sudah terjual 50.000 unit. Kami percaya model baru ini makin memperkuat posisinya di segmen SUV menengah Indonesia," pungkas Executive GM of MMC Marketing Division Kosei Tamaki.

( sumber : metrotvnews.com  )
Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!